Ini Alasan Kenapa Malas Kuliah

Ini Alasan Kenapa Malas Kuliah

Ini Alasan Kenapa Malas Kuliah – Kuliah semester awal alias mahasiswa baru, terasa menyenangkan dan sangat serius…wkwkwkwkwk. Itu mah udah biasa… coba udah masuk semester tiga ke atas, amit-mait deh. Terkadang ya kita hanya bisa merasakan malas, dan bosan untuk kuliah apa lagi ketemu dosen yang suah gak enak, bubar dah, tapi apakah lu tau penyebabnya ? Berikut beberapa lasan kenapa mahasiswa itu jadi gak semangat kuliah

Salah Jurusan

Ini merupakan faktor terbesar penyebab malas kuliah. Banyak mahasiswa yang salah jurusan dengan berbagai alasan,seperti paksaan dari orang tua untuk masuk jurusan tertentu atau karena ikut-ikutan teman serta dengan berbagai alasan lainnya.

Ketika mahasiswa yang salah jurusan ini merasakan perasaan tidak nyaman terhadap apa yang sedang ia jalani, tidak sesuai dengan bakat yang mereka miliki, dan tidak sesuai dengan minat yang mereka inginkan,mulailah perasaan malas untuk kuliah itu terasa didalam benak mereka. Sebaiknya,pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat anda!

Tidak Cocok dengan Lingkungan

Lingkungan kuliah menjadi faktor penting dalam merasakan kenyamanan kuliah. Terkadang,terdapat beberapa mahasiswa yang merasakan kecocokan dan kenyamanan dengan Lingkungan temat mereka kuliah. Sehingga membuat perasaan malas timbul dan berdampak pada jarangnya mengikuti perkuliahan. Keadaan Lingkungan menjadi faktor penting. Maka,sebelum memilih tempat anda ingin belajar atau kuliah,perhatikan juga lingkungan sekitar tempat tujuan belajar anda!

Tidak Punya Teman yang Cocok

Bagaimanapun,teman adalah faktor penyemangat kuliah. Dalam perkuliahan,dibutuhkan teamwork yang solid. Salah satu kuncinya yaitu memiliki teman yang solid dan menjalani aktivitas kuliah tersebut. Saat mahasiswa tidak menemukan teman yang tepat,maka mahasiswa mulai merasakan jenuh terhadap kegiatan yang dilakukan di kampus. Mulailah timbul perasaan malas untuk kuliah.

Nilai Bermasah

Sering mahasiswa merasakan usaha keras mereka selama menjalani aktivitas kuliah tidak berbuah manis. Nilai yang didapatkan mengecewakan.Sehingga,saat usaha mahasiswa sering berbuah nilai yang mengecewakan,mulailah timbul perasaan putus asa dan jengkel dengan hasil yang tidak setara dengan usaha.

Sebenarnya,tidak ada kata putus asa dalam belajar. Tapi,secara tidak langsung,nilai yang sering mengecewakan dapat mempengaruhi psikis mahasiswa. Seperti putus asa,depresi,dll sebagai efek dari nilai yang mengecewakan tersebut.

Maslah Keluarga

Saat menjalani aktivitas kuliah,mahasiswa sering nge-drop. Sehingga butuh masukan dan motivasi dari orang terdekat dan tersayang,yaitu orang tua. Saat orang tua yang diharapkan mendatangkan motivasi bagi sang mahasiswa sering bertengkar dan tidak sepaham,maka konsentrasi mahasiswa terhadap perkuliahan mereka mulai buyar. Masalah keluarga dapat berpengaruh besar terhadap semangat untuk menjalani perkuliahan bagi mahasiswa. Ingat, in adalah tanggung jawab anda sebagai orang tua!

Suka Lembur yang Tidak Bermanfaat

Begadang sangat besar efeknya terhadap daya tahan tubuh manusia. Sehingga,jika mahasiswa terlalu sering begadang akan menimbulkan rasa letih dan tidak semangat. Cepat marah dan tidak dapat konsentrasi terhadap apa yang sedang jalani. Rasa kantuk yang luar biasa juga membuat mahasiswa bermalas-malasan. Maka,aturlah waktu anda dengan lebih bijak.Sehingga,anda dapat memaksimalkan waktu istirahat anda.

Pasti lu juga pernah ngalami maslah yang sama. Tapi haraus ada solusi, harus bangkit, menemukan titik yang bisa mengembalikan semangat. Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*